August 24, 2023

Biar Ketularan

Si adik lagi batuk pilek, udah dibawa ke dokter belum juga sembuh. Kemungkinan karena alerginya kumat. Nah, pas mau tidur siang, anaknya ndusel-ndusel ke Ibuk.



Ibuk pun bilang: "Dik, jangan gitu tah, nanti ibu ketularan kamu".

Malah langsung di peluk erat

Adik : "Sini sini aku tulari, biar ibuk besok ndak usah masuk kantor".

Posisi kepalanya disatuin sama kepala ibuk

Ibuknya speechless, mau jengkel tapi geli.

Yah, akhirnya ibuk beneran ketularan dan gak masuk kantor wkwk. Kacau bener.

August 21, 2023

Aku Waktu Masih Kecil

Lagi suasana santai habis isya di rumah. Sambil nemenin anak-anak ubyek sambil wira wiri. Ibunya gegoleran di depan tivi.



Tetiba si kakak tanya

Kakak: "Ibu, dulu waktu ibu masih kecil sukanya main apa?"

Ibu : "Ibu dulu sukanya main bongkar pasang seperti yang kamu pegang itu lo".

Ketika si kakak mau ngomong, keduluan adiknya. 

Si bocil nanya : "Ibuk, waktu aku masih kecil, aku sukanya main apa?"

Ibuknya loading dulu denger pertanyaan sebelum ngakak

Kakak :"La kamu kan masih kecil to, dik. Masak tanya waktu masih kecil."

Fyi, si adik sekarang usia 4,5 tahun.

Ibuk masih ngakak geli

Adik : "Waktu aku masih kecil dari ini dong". Nek ngeyel ncen juara cah sitok iki

Ibuk : "Adik dulu suka main lempar bola-bola kecil. Makanya sekarang pinter main bola, kan ya?"

Adik :" Iya, aku pinter kok main bola". 

Seneng banget dipuji gitu aja wkwk

February 2, 2023

Ganti Baju

 


Malam senin lalu, kebetulan kami kedatangan seorang tamu, yaitu guru ngaji Andhin. Beliau baru pertama kali ini datang, sehingga saya dan suami mengobrol sekaligus saling memperkenalkan diri. Saat itu Andhin yang agak malu-malu ya hehe ya maklum namanya baru pertama. Sedangkan Dhika malah wira-wiri naik sepeda, diminta salaman, anaknya sok jual mahal dulu lah wkwk.

Akhirnya mau nih si Dhika turun dari sepeda kemudian bersalaman sama Pak Ustad. Pas perkenalan Dhika mengenalkan diri sebagai "Mas Dhika" haha. Yang lucu adalah pertanyaan Dhika ke Ibu setelah perkenalan.

Dhika : "Ibu, Ibu kok ganti baju ini?"

(Saya memang berganti baju dan memakai kerudung karena yang bertamu laki-laki)

Ibu : "Iya, dek. Kan tamunya laki-laki jadi Ibu ganti baju gamis sama pakai kerudung."

Pertanyaan selanjutnya

Dhika : "Kok Bapak kalau ada tamu perempuan gak ganti baju, tetep pake baju itu?"

Duh, mau menjawab udah keburu ngakak duluan. Terus anaknya diajak masuk ke dalam biar kakaknya bisa mulai mengajinya.

February 25, 2021

Waspadai penyakit asma pada anak

Penyakit asma bisa dibilang penyakit umum yang sudah cukup dikenal di masyarakat. Asma sendiri selama ini dipandang sebagai penyakit yang tidak berbahaya. Padahal sejatinya jika penyndang penyakit asma ini sedang kumat, mereka merasakan kesakitan yang luar biasa.



Asma itu apa sih? Asma adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan penyempitan dan peradangan saluran pernapasan yang mengakibatkan sesak (sulit bernapas). Asma dapat disebabkan oleh debu, asap rokok, bulu binatang, udara dingin, aktivitas fisik, infeksi  virus atau bahkan terpapar zat kimia. Namun, hingga kini penyebab dari asma belum diketahui secara pasti.

Pengidap asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif. Karenanya, saat paru-paru terkena iritasi dari pemicu asma, maka otot saluran pernapasan jadi kaku dan menyempit. Pada pengidap asma, saluran pernapasan akan lebih sensitif, sehingga paru-paru yang terkena iritasi dari pemicu asma dapat menyebabkan otot saluran pernapasan. Produksi dahak meningkat, sehingga membuat kesulitan bernapas.

 

The Sulistya Nanda Template by Ipietoon Cute Blog Design